tagline
Club9er Community | Register

Artikel

TIPS CARA MEMBEDAKAN BAKSO DAGING SAPI DAN BABI

Begini Cara Bedakan Bakso Sapi dan Bakso Dicampur Daging Babi
Jakarta, Aktual.co — Baru-baru ini terdengar kabar temuan bakso dengan bahan dasar daging babi. Hal ini seketika mengejutkan para penggemar bakso terutama yang beragama muslim, karena daging tersebut termasuk makanan yang diharamkan.
Berikut cara membedakan bakso yang terbuat dari daging sapi dan daging babi :
Lihat Warnanya
Saat bakso dihidangkan didepan Anda, coba perhatikan warna dari bakso tersebut. Memang saat masih dalam keadaan bulat utuh Anda tidak akan menemukan perbedaan bakso sapi dan bakso babi. Namun, akan terlihat berbeda jika anda membelah bakso. Bakso yang terbuat dari daging babi memiki warna merah muda dan bukan merah kecokelatan seperti daging sapi.
Cium Aroma dan cermati teksturnya
Jika bakso sudah anda belah menjadi beberapa bagian, coba sendokkan bakso anda dan cermati aroma dan tekstur yang dimiliki bakso. Bakso yang terbuat dari daging babi memiliki kandungan minyak yang berlebih dibandingkan daging sapi yang dapat membuat aroma lemak begitu terasa. Permukaan bakso babi terlihat licin dan mengkilap, hal ini juga dapat membedakan bakso yang terbuat dari minyak babi. Selain itu, bakso babi tidak memiliki “urat” seperti bakso sapi. Bakso babi terasa lebih halus, licin dan bersih.
Ukuran Bakso
Bakso daging babi berukuran sedikit lebih besar dari bakso daging sapi. Karena teksturnya lembut cenderung dibuat lebih besar. Hal ini, disebabkan karena harga daging sapi jauh lebih mahal ketimbang daging babi.
Harga Murah Meriah
Seringkali bakso yang dijual dipasaran dengan ukuran besar dan harga yang murah dapat menggiurkan para ibu rumah tangga beralih memilih bakso tersebut tanpa mempertimbangkan kualitas dan kehalalannya. Tapi, sebaiknya, sebelum memutuskan membeli bakso tersebut perhatikan “keamanan” dari si bakso, jangan sampai dengan ukuran besar dan harga murah anda justru akan mengkonsumsi bakso dengan bahan dasar daging babi
****
5 Cara Bedakan Antara Bakso Babi dan Bakso Sapi
Berita tentang bakso daging babi membuat orang yang suka makan bakso sedikit resah, sebab mereka tidak tahucara bedakan bakso yang dimakan ini terbuat dari daging sapi atau dari daging babimalah bahkan dari daging lainya yang gak layak dimakan manusia. Berita pengerebekan salah satu pengolahan bakso daging babi semangkin banyak diberitakan di tv dan media lainya sebagai konsumen seharusnya kita harus waspada dan jangan sampai terjebak oleh ulah para pedagang bakso yang nakal yang membuat bakso dari daging babi. Nah namun kamu jangan takut untuk makan bakso masih banyak pedagang bakso yang jujur dan membuat bakso mereka dari daging sapi dan tidak dari daging babi. Berikut ini ada beberapa cara untuk bedakan bakso daging babi dengan bakso daging babi. Ingin tahu apa aja itu simak 5 Cara Bedakan Antara Bakso Babi dan Bakso Sapi berikut ini.
1. Cermati aromanya
Setelah bakso daging babi direbus di dalam dandang, biasaya aroma khas daging babi akan tercium. Pada umumnya, daging babi beraroma lebih amis dibandingkan dengan daging sapi. Untuk itu, Anda patut waspada jika aroma bakso tak seperti aroma bakso daging sapi seperti biasanya.
2. Cermati tekstur bakso
Daging babi celeng memiliki tekstur lebih kasar. Jika dijadikan bakso, maka akan mudah pecah bila ditusuk sendok. Jika Anda memakan bakso yang sudah terlihat seperti itu, maka lebih baik berhenti memakannya. Bisa saja bakso tersebut memang dicampuri dengan daging babi.
3. Rasanya berbeda
Jika bakso tersebut sudah tercampur degan daging babi, maka rasanya pun sedikit berbeda. Bakso tersebut, saat dikonsumsi akan terasa lebih gurih. Namun, ada juga pedagang bakso yang licik dengan menambahkan bawang putih untuk menghilangkan ciri khas bau daging babi tersebut.
4. Harganya lebih murah
Karena harga daging sapi yang terus meningkat bahkan pernah tembus Rp 100.000/ kg membuat harga bakso pastinya sedikit banyak akan mengalami kenaikan nah jika kamu menemukan harga bakso yang lebih murah dari harga biasanya perlu diwaspadai bahwa baksonya bisa saja terbuat dari daging babi yang harga dagingnya memang lebih murah dari harga daging sapi.
5. Beli Bakso kemasan yang ada tulisan halal
Nah cara yang satu ini sudah tidak diragukan lagi jika kamu membeli bakso diproduk kemasan dengan tulisan halal sudah pasti bakso yang kamu makan adalah bakso sapi dan bukan bakso daging babi.
Nah itulah beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk membedakan bakso babi (Sumber : Palingseru. com)